Sabtu

Tips menghindari halaman friendster dari hacking

klik:


Berikut ini adalah tips untuk menghindari halaman friendster kita dari tindakan hacking:

- Tampilkan nama belakang kita

Ketika seseorang ingin meng-add kita, maka friendster kemungkinan besar akan menanyakan kepadanya alamat e-mail kita atau nama belakang kita. Nah, telah kita ketahui bahwa alamat e-mail yang dimaksud tentu adalah alamat e-mail untuk login kita sendiri. Tentu ini sangat membahayakan jika seseorang mencoba-coba untuk login dengan e-mail kita. Untuk menampilkan nama belakang kita, klik “Settings”, kemudian pilih “Yes” pada option “Display last name on profile”.

- Hindari penggunaan “Private Profile”

Tujuan kita menggunakan friendster pasti ingin mencari teman sebanyak-banyaknya bukan (kalau bukan, kenapa bikin account friendster?? . Nah, private profile ini dapat memancing seseorang untuk meng-hack friendster kita. Untuk menonaktifkan private profile, klik “Settings”, kemudian pilih “Selected Continent(s)” pada option “Who can view my full profile”.

- Waspada terhadap proses login yang berulang

Jika kita telah logged-in namun tiba-tiba kita tiba dihalaman login friendster untuk login lagi (terutama setelah kita melihat halaman profile tempat comments berada), maka kemungkinan besar ada yang telah menyusupkan kode untuk me-redirect kita untuk login lagi. Hentikan proses login anda karena sebenarnya anda sudah logged-in.

- Hindari penggunaan “Private Photos”

Terkadang, penggunaan vitur ini disalahartikan oleh kebanyakan pengguna sehingga mereka menaruh foto-foto mereka yang terlalu pribadi di friendster. Lebih baik, foto-foto ini disimpan saja sendiri dikomputer dan tidak perlu dipublikasikan sebagai “Private Photos” di friendster. Dari hasil diskusi dan penelusuran ala saya, account friendster yang memiliki “Private Photos” memiliki kemungkinan lebih besar untuk di-hack daripada yang tidak memilikinya.

- Tulis info kita untuk profile page seperlunya saja.

Info tentang kita yang terlalu lengkap akan memudahkan hacker untuk mencari password dikarenakan para provider e-mail menyediakan layanan untuk memunculkan password apabila kita lupa dengan menanyakan pertanyaan yang kita telah tentukan sebelumnya. Nah, usahakanlah pertanyaan ini sangat pribadi dan tidak ada infonya di halaman profile friendster kita.

- Approve comments yang masuk secara manual

Dengan begini, seandainya ada orang yang mengirimkan comment yang berisi redirection code, setidaknya halaman profile anda masih bisa terselamatkan. Dan satu-satunya halaman yang terinfeksi hanyalah halaman comments approval.

- Make friends, not enemies

Ini adalah tips yang paling mudah dilakukan. Karena terkadang yang meng-hack friendster kita adalah teman kita sendiri yang mungkin sedang berselisih paham dengan kita. Ingat, teman kita mengenal kita lebih baik dari halaman profile page.

- Pastikan alamat yang dituju adalah domain Friendster http://www.friendster.com, hati-hati jika alamat yang dituju berdomain selain itu. Seorang hacker mampu membuat halaman yang sangat mirip dengan situs asli Friendster.

- Periksa link yang ada dalam page atau halaman Friendster. Arahkan ponter mouse pada text link atau image link, periksa pada bagian status bar browser kamu apakah alamat atau URL tersebut ada pada Friendster.com

- Periksa tanggal pada halaman utama pada bagian Photo dan People, jika halaman itu benar-benar Friendster maka tercantum tanggal pada waktu kamu mengunjungi situs Friendster, jika tidak maka periska kembali alamat yang dituju harus http://www.friendster.com

- Biarkan tanda centang pada bagian bawah sewaktu akan login pada tulisan “remember me”. Hal ini untuk menghindari jika kamu lupa log out sewaktu membukanya. Jika kamu memberi tanda centang pada bagian tersebut hal ini akan berbahaya karena jika kamu lupa logout maka seseorang dapat mengakses halaman Friendster dengan account kamu. Nah kamu gak mau kan account kamu disalahgunakan oileh seseorang yang gak bertanggung jawab.

- Jangan buka testimonial atau comment yang mencurugakan, jangan di approve dan langsung dihapus saja, biasanya comment ini berupa gambar flash.